JUST ANOTHER SIDE OF ME THAT YOU WON'T UNDERSTAND

Cara Mencintai Bumi

Sesuai dengan judulnya, gue mau nulis beberapa hal yang gue lakukan buat menolong bumi kita yang sekarat ini.

1. Kurangi penggunaan plastik

Gue hampir selalu membawa botol minum dari rumah, selain bisa menekan penggunaan plastik dan botol minuman juga bisa menghemat, tapi kadang sering banget dimana air yang dibawa habis dan beli air mineral juga akhirnya. Sekarang coba hitung deh, dalam sehari berapa plastik atau botol dan gelas plastik yang lo pake? Misalnya pelajar, jam istirahat pertama beli minuman botol terus istirahat kedua beli lagi, terus di tempat bimbel atau jalan ke mall dan beli minum lagi. Dari contoh itu aja lo sudah nyumbang 3 botol plastik sehari. Dalam sebulan lo sudah nyumbang 90 botol! Padahal 1 botol atau gelas plastik itu butuh ratusan bahkan ribuan tahun untuk terurai.

2. Kurangi penggunaan kertas

Untuk point yang ini memang agak sulit. Tapi ada beberapa cara kok untuk mengurangi penggunaannya. Pertama, kalo ada tugas dan lo pengen ngeprint atau fotocopy bisa bolak balik. Selain hemat kertas bisa hemat uang juga kan? Kedua lo bisa pake buku buku bekas yang sudah ga dipake untuk coret coretan, jadi ngga perlu pake kertas baru yang masih bersih.

3. Pakai pertamax

Karena dirumah gue itu untuk menemukan angkot apalagi pada pagi hari lebih sulit dari pada menemukan patas ac jurusan senen-depok, akhirnya nyokap bokap berbaik hati membelikan anak perawan mereka satu-satunya sebuah motor. Nah karena gue merasa cukup bersalah dengan menambah polusi di bumi tercinta ini makanya gue pake pertamax. Harganya emang lumayan sih tapi selama masih mampu kenapa ngga. Lagian premium itu BBM bersubsidi dan cuma untuk orang ngga nampu (gue baca spanduknya gede banget di SPBU Beji). Jangan bilang kalian juga ga mampu, kalo ngga mampu kalian ngga akan bawa kendaraan sendiri ke sekolah :) Jadi dengan pake pertamax selain mencintai bumi, mencintai mesin motor juga mencintai Indonesia dengan ngga memberatkan anggaran subsidi ( dan otomatis ngurain utang Indonesia)

4. Buang sampah pada tempatnya

Ini kalimat yang terpampang dimana mana dan juga sering banget di perintahkan sama orang tua dan guru-guru. Tapi faktanya? Dimana-mana ada sampah berserakan apalagi di got-got. Padahal dengan buang sampah pada tempatnya itu banyak banget keuntungannya. Jakarta bisa bebas banjir, lingkungan sehat dan indah, kita juga bisa membantu para pemulung untuk lebih mudah mendapatkan plastik, botol dll yang nantinya di jual dan di daur ulang.

Bumi sudah memberi banyak banget kepada kita untuk menunjang kehidupan, lalu apa yang sudah kalian beri untuk bumi yang sudah sekarat ini? :)

0 Response to "Cara Mencintai Bumi"

Poskan Komentar